C(D)erita Seorang Vokalis – From Zero to …?

Standard

Ditulis sama Riyan Indrakila 08-09 pada Catatannya di Facebook

Berawal saat aku msh brda di kota bima, saat itu aku masih duduk d bangku smp kelas 1…
saat istirahat aku mendengar suara ribut2 dari aula sekloah q, aku pun berlari ke asal suara tersebut, dan aku melihat beberapa orang kakak kelas q sedang memainkan alat musik dengan PeDex,,, ( saat itu aku pertama kali melihat band secara langsung …😀 ), aku bengong2 sendiri ngeliatx,,, “woow keren” ungkap ku dalam hati ( padahal jika aku ingat2 skrg, musik yang mereka mainkan kayax fals deh… =D mklumlah,,, anak smp…. ), aku pun berkhayal, kapan ya aku bs kaya gt, tapi aku kan ga bs maen musik ??!!! minta ma bapak beliin gitar aaahhh,,,, =D ( hehehe ).
sepulang sekolah aku buru2 plg, tapi pas nyampe rumah, ternyata bapak q blm plg kntor,,, ( wee,,, pdhl uda lari2 dari sekolah,, ), akhirx setelah bapak plg kantor aku lgsng ngmng ” pak, bliin ian gitar, ian mau jadi anak band, ajarin ian maen gitar…. ( wkwkwk,,, anak smp yang begitu polos,,,😀 ), trus bpk menjawab ” hahaha… tunggu bapak gajian ya,,, bsk qt bli yang bgs,,,, yang besar suarax,,, ( note : ini adalah tipe orang tua yg suka membodohi anak2,,, ankx kandungx sendiri lagi !!! T_T ), ” iya, awas be klo bapak bhng, ndak ian kewe nyepeq bapak !!! “. beberapa hari kemudian, sepulang kantor, ia mengjak q ke toko dan membelikan q sebuah gitar ecek2. kemudian aku di ajarin kunci2 gitar, dan hari2 pertama aku begitu bersemngat untuk belajar, namun setelah seminggu lebih, aku pun mlai mlas mempelajarix, karena saat itu mulai marak permainan baru, berbentuk mobil kecil yang menggunakn baterai, yang disebut sebagai TAMIYA, dan cita2 q pun beubah, dari anak band menjadi PEMBALAP MINI 4WD !!! xD
stelah beberapa tahun d kota bima, akhirx ortu q pindah tugas k pulau sumbawa, di sana aku masuk smp yang ‘katax’ jadi smp favorit, trus pas barumasuk kelas, ada anak yang nanya ke aku ” eh, anak baru,, bs maen band ga ??? “, aku blg ga bs, trus dy memalingkan wajahx dari q,,, ( jahat,,, T_T ). Dan, suatu ketika, kami pengambilan nilai untuk menyanyi, saat giliran q, aku bgtu malu dan deg2an, aku un melantunkan lagu favorit q, ADA BAND…hehehe,,,, semua bertepuk tangan mendengarkan q bernyanyi, katax suara q bgus ( hah ??!!! masa sih ??? \^o^/ ), dan saat itu juga aku d tawarkan menjadi vokalis sebuah band oleh teman sekelas q, saat itu band kami bernama KAPTEN band ( wktu tu blm ada kapten band yg voklisx zacky tu lho ), kami pun mengikuti beberapa festival kecil antar smp-sma, tanpa pernah menang sekalipun ( hwee,,,, T_T ).

genap setahun, ortu q pindah tugas lagi, untung pindahx ke daerah asal q, selong. di sana aku masuk smp3 selong ( pengenx sih smp 1, tapi skloah q yg dl blm KBK, jdx ga bs,,, ). dan di sana aku bertemu dengan arif, mantan ketua osis smp tsb, dan dy nanya ma aku, dl aku ikt ekskul apa ??, ya aku blg dl aku ikt band, jd voklis, ” woooeee,,,,, vokalis,,, ” ktx smbl senyum2. ( note : d smp ini aku cm bntr, bs d blg cm nmpng UN doank, lanjutin aja cerita ini ke waktu br msk SMA )

nah, waktu MOS, aku msuk d gugus 4, aku ga kenal siapun d stu, jadi aku diem aja, tapi aku ngliat seseorang senior yang mondar mandir bawa gitar, smbl skli2 masuk klas trus nyuruh anak orang nyanyi,,, ( weeh, ngapaen ne orang, mndar mandir trus dari tadi, mw ngamen ya paakk ??!! 😀 ), dan saat dy masuk ke kelas q, dy nyuruh 1 temen q buat nyanyi, smbl dy yg gitarin, majulah 1 orang temen q yang PeDe nyanyi, dy nyanyiin lagux dewa, pangeran cinta ( bukan aku lho yg nynyi ), dy d iringin ma orang yang dari tadi mondar mandir bawa gitar, yang lama br aku tau klo namax maulana firdaus ( hehehe, yg mrasa dilarang tersinggung,,, =D ), stelah puas memainkan gitarx, dy pun berlalu bgtu saja,,,, dan tak lama stelah itu, tb2 aku di panggil ke depan, di suruh nyanyi lg, y udah,, aku nyanyi dngan segenap jiwa raga yang kumiliki,,, ( wew,,, gombal… ), trus pas slese nyanyi, si kk klas ntu nanyain ” km vokalis y ?? “, aku blg ga,, malu alx,,,😀.
nah pas hari ke2 MOS,,, tb2 aku d pnggl ma kk kelas, “yang namax ryan,,, ikut saya !!! “, wew,,, kgtx, uda deg2an,,, jgn2 aku mw d tlanjngin d ruang kepsek trus di,,,,,,,AAAAAAA…. ( pkiran ngeres ne,,,, astagfirullah ), tp ternyata aku d bw k ruang band buat di tes, disana ada pak yasid ma johan wahyudi ( bajo ) selaku keyboardis, dy ngiringin aku bawain 1 lagu,, trus aku lupa mreka ngmng apa stlah aku nyanyi,,, pikiran mulai melayang, jgn2 mreka berdua brencana mau mntp pintu ruang musik yg kedap suara dan mulai menggerayangi q dan AAAARRRGHHH !!!! ( lg2 ngeres,,, istigfar woey !!! ).

setengah tahun berlalu sejak saat itu, semuax ku jalani dengan biasa2 saja, menjahili teman2, menyembunyikan piring pak marhum di semak2 setelah bli mie, memechakan kaca kelas, merusak pintu dan mematahkan papan kelas,,,, yah begitulah, sangat biasa2 saja, tidak ada yang istimewa. tapi hari itu muncul juga, hari dimana aku di tawarkan untuk mengikuti festival, wow,,, tawaran tu ga bs aku tolak,,, akhirx da lg ksmptan jadi anak band seteah pensiun sebagai PEMBALAP MINI 4WD kelas ANAK TERI. pada awal latihan mereka seperti kewalahn menyesuaikan diri dengan q ( pastilah, orang aku ga bs bedain nada,,, copo bgt ne,,,😀 ). tp akhirx mreka terbiasa ( mgkn ), dan saat itu kami mendapatkan juara 1 tingkat kabupaten, wow,,,, pertama kali dalam hidup q dpt juara 1 ( sebenerx uda pernah sih, juara 1 sendok kelereng d kantor ortu q…. wohoho,,,, i am the champion sendok kelereng !!!! ^o^ ), dan kami sempat di undang untuk mengisi beberapa acara2 yg menurut ku ckup bergengsi untuk kami. Sampai pada suatu festival yang menurut ku cukup membesarkan nama q, karena 3 player kami mendapatkan pemain terbaik, ga nyangka jga sih, kami dapat juara 2, Cuma beda 30 point dari yang juara 1, tapi, mreka dapet 2 best player, sedangkan kami dpt 3.

Setelah tu aku sempat vakum slama beberpa saat, alx da voklis bru yang suarax lebih “ oke “ drpd aku,,, ( wah,,, tereliminasi nih,,😀 ) jelaslah, org suarax bgs, cewek lagi,,, wajarlah,,,, hahaha….

Nah, selama aku vakum itu, aku ga kepikran lagi baklan di ajak maen, jadi aku beralih profesi lagi sebagai DUELIST YUGIOH trading card ( yang berani ngajk aku duel krtu, hbngi aku,,, ), hal tu terjadi sampe aku mau tamat SMA, tp pas waktu perpisahan, tb2 johan alias bajo ngasi tau aku klo indrakila baklan ngikutin event nasional buat ngewakilin NTB, waw,,, keren,,, saat itu aku sama sekali ga kepikiran bakaln jadi vokalisx lagi, jadix aku ngucapin selamet ke johan, mgkn dy bngung gr2 aku blg gt, jdx dy blg klo yang jadi voklisx tu aku,,, ( hah ??!!!! yang bener ??!!!! voklis fals n copo kaya aku d ajak event nasional… ga salah nih, padahl menrutku adek klas bnyk yg suarax lbh keren dari aku,,,😀 kok malah aku yang di pilih,,, bngung,,,,😕 ). Trus aku nanya nama eventx apa, jo blg OSN padahal yang sebenrx tu FLS2N ( Festival lomba seni siswa nasional ), tapiii,, ternyta yg blh ikt tu cma klas X ma XI aja, pdhl aku 1 bln lg uda mw tamat SMA lho,, jdx trpksa make cara curang, nyamar jadi anak kelas X ( kaya agen rahasia aja pke nyamar,,, sampe2 wktu knlan ma anak2 dari prov. laen, aku ngaku jadi anak kelas X, soalx, tampang dan tinggi badan sangat mendukung jadi nak klas X,,, pdhl aslix klas XII….T_T ).

Alhasil kita boking studio 140 selama 1 mnggu full ( bnyk org yg mw nyewa trpksa di usir,,, sabaaarr,,😀 ), latihan 8jam sehari buat tnggorokan q jadi kaya uda d sikat pke sikat kawat,,,😥 .

Lngsng aja deh, qt berngkt k jogja, tapi sblmx kmpl dlu mtrm buat brngkt brengan ma yang lain. Pas nyampe d jogja, ternyata yang ikt ktgri band dipisahin ma yang ktgri laen, kita d hotel mewah, yang laen d asrama ( hahaha,,, kasur asrama rata2 peyot2,,, klo hotel ?? tau sendri lah,,,, 😀 <<< katrok ne orang ).
Besokx, wktux ambil no undian, n sialx… kita dpt no undi 1 ( NB : yang ngambil no undian tu si bang jo, selalu klo dy yg ngmbl undian pasti dpt no awal… (‘-_-) ), wktu tu perut q lngsng keram, 1 aula lngsng tepuk tangan waktu NTB ketauan dpt no. undi 1… ( julumetiq q nei leq aula ino siq ne…. ).

To the point, waktu festvl tu kita berhasil masuk final setelah bersaing ma band2 dari 33 provinsi, alhmdllh bs jadi 10 besar, walaupn ga dpt juara, tapi bajo si keyboardis mokoh dapet title “ keyboardis terfavorit nasional “ ( selamet2,,,, ^o^ ).

Intix,,, aku mw ngucapin makasi buat semua yang uda pernah terlibat dalam hal ini, tanpa kalian aku ga akan bisa kaya sekarang ini,,,, , makasi uda bisa ttupin semua kekurangan q… kebahagiaan tersendiri buat aku bisa jadi bagian dari kalian ( terutama buat indrakila )

MAJU TERUS BUAT GENERASI INDRAKILA SELANJUTNYA….
KALIAN BISA JADI YANG TERBAIK…

2 responses »

  1. aseeekkkk FLS2N, gk pernah bosan sbut nama itu..
    hahahaha

    dapat undian 1 ya?? kita pas tahun 2010 dapat undian 33, buseet kebalikannya.. gara2 aku yg ambil undian..
    wkwkwkwk

    tp gk pa2 penglaman yg paling penting..🙂
    cayooo NTB…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s